Wednesday, February 24, 2016

5 Tempat Wisata Pantai di Garut yang Wajib Dikunjungi!

5 Tempat Wisata Pantai di Garut yang Wajib Dikunjungi – Garut adalah salah satu kabupaten yang terkenal dengan panganan khasnya yaitu dodol Garut, cochodot dan dorokdok (krupuk kulit). Kabupaten ini berada di wilayah bagian selatan, sebelah utara berbatasan langsung dengan Kabupaten Bandung dengan tanjakan Nagreg sebagai pintu gerbangnya.

Di wilayah selatan, Kabupaten Garut dikenal memiliki kekayaan alam seperti emas di kawasan Cihideung Pameungpeuk, batu akik hijau ohen dan panas bumi di daerah Bungbulang.

Di wilayah selatan Kabupaten Garut berbatasan dengan Samudera Indonesia, sehingga memiliki banyak pantai yang menawan dan tidak kalah indah oleh pantai-pantai di tempat lain di Jawa Barat.
Jika dalam waktu dekat ada rencana liburan ke Garut, tidak ada salahnya jika sobat simak ulasan mengenai tempat wisata pantai yang wajib dikunjungi berikut ini.

1. Pantai Santolo


Pantai Santolo adalah salah satu pantai yang sering dikunjungi wisatawan dari Bandung, Tasik, Jakarta dan kota lainnya di Indonesia. Pantai Santolo terletak di Kecamatan Cikelet, berjarak sekitar 80 kilometer dari pusat kota Garut, dan membutuhkan waktu perjalanan kurang lebih 3 jam.
Jika sobat berangkat dari Bandung, bisa menggunakan moda transfortasi berupa bus atau elf jurusan Bandung-Garut, atau langsung naik jurusan Bandung – Pameungpeuk. Di sini terdapat fasilitas berupa banana boat, perahu penyeberangan, perahu motor, tempat pelelangan ikan, penginapan dan lain-lain.
Kalau sobat membawa kendaraan pribadi, di perjalanan menuju ke Pameungpeuk, sekitar 6 km dari pasar Cikajang bisa berisirahat di warung lesehan pinggir jalan sambil menikmati panorama alam Batu Tumpang. 


2. Pantai Sayang Heulang


Pantai Sayang Heulang letaknya berdekatan dengan Pantai Santolo, yakni belokasi di Kecamatan Cileket, Garut, Jawa Barat. Di bibir pantai Sayang Heulang terdapat banyak pepohonan, sehingga pantai ini lebih sejuk, air lautnya bersih dan jernih, serta terdapat hamparan karang yang luas. Tidak jauh dari kawasan pantai, terdapat penginapan dengan harga bervariasi.

3.Pantai Cijeruk


Pantai Cijeruk merupakan pantai indah yang wajib dikunjungi di Garut, lokasinya berada di Desa Sagara, Cijeruk. Pantai ini masih jarang dikunjungi wisatawan sehingga pantainya bersih dan asri. Pantai Cijeruk memiliki pemandangan yang sangat indah, jadi jika sobat mau liburan ke pantai yang tenang dan menawan, datanglah ke pantai Cijeruk Garut.

4. Pantai Rancabuaya



yang sangat mempesona dan terkenal di Garut. Pantai ini berlokasi di daerah Bungbulang, yaitu salah satu daerah penghasil batu akik yang sangat fenomenal di Garut. Hembusan angin kencang dan deburan ombak pantai Rancabuaya yang cukup besar menjadi ciri khas pantai ini.

3. Pantai Karang Paranje



Satu lagi, rekomendasi pantai terbaik di Garut yaitu pantai Karang Paranje. Pemandangan di pantai ini sangat memukau dan menawan. Pantai ini masih sepi pengunjung, karena pihak terkait belum mengembangkan tempat wisata pantai yang satu ini. Jika sobat ingin menyepi sambil menikmati keindahan alam, pantai Karang Paranje jawabannya.

Sudah pernah kesana? Share yuk di komentar